rapat adalah berkumpulnya sekelompok orang untuk menyatukan pemikiran guna melaksanakan urusan perusahaan atau organisasi. rapat merupakan sarana komunikasi dalam organisasi. meskipun demikian tidak semua rapat bisa berjalan secara efektif. bayak sekali kejadian rapat yang tidak berjalan dengan baik dan tidak menghasilkan apapun. padahal waktu adalah hal yang sangatlah penting. hal ini disebabkan manajemen yang buruk dan persiapan yang kurang matang. tidak efektifnya rapat bisa disebabkan karena faktor peserta, waktu rapat, tempat, materi atau poko pembahasan dan lain sebagainya.
berikut adalah trik-trik yang dapat dilakukan agar rapat berjalan secara efektif dan efisien :
1.Alasan rapat diperlukan:a. membahas peristiwa/momen yang terjadi
b. evaluasi bulanan/ mingguan/ tahunan
c. menyampaikan informasi
d. membutuhkan pendapat dari anggota lain
2.Peserta :a. memiliki peran baik dalam pengambilan keputusan
maupun jabatan dalam organisasi
b. mempunyai kemampuan baik dalam hal informasi maupun
dalam membantu terlaksananya keputusan
c.mempunyai keterlibatan dalam menjalankan keputusan
3. Moderator : Moderator dalam sebuah rapat ternyata
cukup penting bahkan menjadi orang kedua dalam sebuah presentasi…Bahkan
saya sendiri berpendapat lancar tidaknya jalannya sebuah rapat yang
diikuti dengan diskusi sangat tergantung pada pengaturan sang
moderator….mulai dari ngatur waktu presentasi, waktu tanya jawab, serta
menarik tidaknya sebuah rapat….
Ada beberapa urutan langkah yang harus dilakukan
moderator dalam sebuah presentasi, yakni : 1) Pembukaan; 2) Ucapan
Selamat Datang pada Peserta; 3) Uraian singkat latar belakang dan tujuan
presentasi; 4) Perkenalan Penyaji dan Tema Presentasi; 5) Penentuan
waktu dan mekanisme tanya jawab; 6) Mengundang Pembicara menyajikan
presentasi; 7) Rangkuman umum inti presentasi penyaji; 8) Mengundang
pendengar untuk bertanya; 9) Ucapan terimakasih kepada penyaji dan
pendengar; 10) Moderator menutup presentasi.
4.ketentuan rapat : memberikan tata tertib atau ketentuan - ketentuan selama rapat berlangsung. Hal ini bertujuan agar rapat berjalan secara kondusif.
5.Tempat dan Waktu : diusahakan pemilihan dan tempat sesuai dengan kondisi para peserta rapat. dalam pertengahan rapat diusahakan terdapat waktu istirahat atau coffee break.
6. Pembahasan rapat : pembicaraan rapat tidak boleh melenceng dari topik ang ditentukan sebelumnya
7. Notulen : Notulen merupakan pencatatan hasil sebuah rapat. Petugas yang membuat
notulen biasanya disebut pembuat notula. Peran dan fungsi notulen
sangatlah penting sebagai arsip atas pelaksanaan sebuah rapat. Bila
dikemudian hari ada yang membutuhkan hasil rapat, maka bisa membuka
notulen rapat pada saat tersebut.
that's all about rapat...!!
mOgha BerManpHaaT:P
Tidak ada komentar:
Posting Komentar